Kajian Semiotika Visual pada Poster iklan makanan cepat saji Klenger Burger

 

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Kelompok Pengkaji Ghaib



ABSTRAK

 

        Dalam penelitian ini didasarkan pada Poster iklan makanan cepat saji yaitu pada poster Klenger Burger. Makanan cepat saji adalah makanan yang dikerjakan atau dihidangkan dalam waktu yang sederhana dan siap disantap mudah dalam waktu yang praktis. Makanan tersebut diproduksi oleh restoran atau kafe yang merupakan suatu tempat santai atau berkumpul dengan keluarga dan teman. dalam visual poster Klenger Burger ini terdapat unsur-unsur bahasa visual yang memiliki makna pada poster tersebut. Seperti pada identitas merek yang memberikan citra pada brand visual dalam perancangan visual iklan pada poster Klenger Burger, Inilah yang nantinya akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan Ferdinnand De Saussure agar dapat divisualkan pada signifikasi dalam penyampaian konsep desain pada media visual yang dirancang untuk memunculkan respon positif dari masyarakat.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis brand visual, prinsip dasar, serta unsur visual yang terkandung pada poster iklan Klenger Burger. Pada metode yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Semiotika De Saussure. Dalam metode kualitatif ini yang nantinya untuk mengkaji pada poster iklan Klenger Burger agar dapat dijelaskan dalam menggunakan teori pendekatan Semiotika dan dapat mengumpulkan data yang spesifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai upaya terciptanya brand visual yang unik dapat menimbulkan konsep visual sesungguhnya dalam poster Klenger Burger. Brand Visual dirancang untuk menunjukan keunikan dan makna konsep identitas sebagai pertanda dalam mendesain pada media visual. Dari hasil analisis dan perancangan bahwa dalam iklan teh botol Sosro ini dapat menumbuhkan citra rasa pada produk untuk menonjolkan Tagline “ Apapun Makanannya, Minumnya Teh botol Sosro”. Untuk mengembalikan kesegaran setelah menyantap Klenger Burger. Brand Klenger Burger dirancang untuk memunculkan keunikan pada setiap media visual yang diciptakannya ke media poster,sebagai salah satu identitas yang mengacu pada prinsip-prinsip atau kesesuaian desain pada poster iklan Klenger Burger, yang dapat memperluas segmentasi Audience.

Kata Kunci: Semiotika, Analisis Visual, Poster , Media Visual

 

ABSTRACT

 

        In this study, it is based on the poster of fast food advertisements, namely on the Klenger Burger poster. Fast food is food that is done or served in a simple time and is ready to be eaten easily in a practical time. The food is produced by a restaurant or cafe which is a place to relax or gather with family and friends. In the visual of the Klenger Burger poster, there are elements of visual language that have meaning in the poster. As in the brand identity that gives an image to the visual brand in the visual design of advertisements on the Klenger Burger poster, this will later be analyzed using the Ferdinnand De Saussure approach so that it can be visualized on the significance in the delivery of design concepts on visual media designed to elicit a positive response from the public. The purpose of this study was to analyze the visual brand, basic principles, and visual elements contained in the Klenger Burger advertising poster. The method used is a qualitative method with a De Saussure Semiotics approach. In this qualitative method, which will later examine the Klenger Burger advertising poster so that it can be explained in using the theory of the Semiotics approach and can collect specific data. The results of this study indicate that as an effort to create a unique visual brand, it can create a real visual concept in the Klenger Burger poster. Brand Visual is designed to show the uniqueness and meaning of the concept of identity as a sign in designing visual media. From the results of the analysis and design that in this Sosro bottled tea advertisement it can foster a taste image in the product to highlight the tagline "Whatever the food, Drink the Sosro bottled tea". To restore freshness after eating Klenger Burger. The Klenger Burger brand is designed to bring out the uniqueness of each visual media it creates into poster media. As an identity that refers to the principles or suitability of the design on the Klenger Burger advertising poster, which can expand audience segmentation.

Keywords: Semiotics, Visual Analysis, Poster , Visual Media


PENDAHULUAN

 

          Media Visual adalah media yang dapat menampilkan atau membiaskan gambar atau bayangan yang dapat bergerak di layar yang ditampilkan  pada masing-masing media baik yang bergerak maupun tak bergerak dalam penggunaanya. Media Visual berfungsi dalam mengutarakan pesan dari sumber ke pemeroleh pesan. pesan yang dituangkan kedalam simbol visual atau dapat diproyeksikan kedalam satu objek dalam penyampaian pesan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide dan menggambarkan fakta yang nantinya dapat divisualkan dari berbagai macam media. Pada saat ini, berbagai macam media visual sudah tidak asing lagi salah satunya adalah media grafis yang berbentuk Poster, yang memiliki visual atau pesan-pesan melalui simbol-simbol untuk memperjelas sajian dan mengilustrasikan sautu fakta atau konsep yang berbentuk iklan dan dapat diaplikasikan ke berbagai media. Contohnya, pada media iklan poster merupakan salah satu bentuk media pemasaran yang berupa poster kampanye atau poster kegiatan. Menurut Elis Khoerunnisa S.Pd, dkk ( 2019:561), Poster adalah media informasi yang terdiri dari tulisan  atau gambar yang dapat digabungkan kedalam satu pesan tertentu. dengan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Pada jenis poster ini merupakan Poster Niaga yang bersifat untuk memberikan pesan secara visual kedalam gambaran produk agar terciptanya strategi promosi atau jasa yang ditawarkan. Dalam iklan poster biasanya menampilkan unsur grafis yang berupaya untuk menjadikan pesan atau gambar tersebut melekat dibenak para khalayak. 

    Selain itu, dari berbagai perusahaan dapat mempromosikan dalam penonjolan penggunaan media iklan perusahaan ke dalam suatu gambaran dan teks pesan, yang nantinya dijadikan strategi promosi yang dapat dipasarkan ke berbagai media iklan. Seperti Social Media atau berbagai macam Platform lainnya. Seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak mengalami kemajuan dari berbagai macam media promosi seperti media sosial. Yang kini dapat dimanfaatkan dalam mempromosikan produk makanan atau minuman.Dengan mengikuti zaman kini masyarakat dapat mengalami kemajuan untuk memanfaatkan media-media lainnya agar tidak tertinggal informasi, serta memudahkan khalayak lain untuk memberikan respon langsung kepada konsumen yang membuat iklan dari media promosi tersebut dapat menarik perhatian para khalayak.

Klenger Burger merupakan suatu waralaba di bawah naungan PT Kinarya Anak Negeri (KAN) yang berdiri dibidang fast food atau makanan cepat saji. Pendiri Klenger Burger ini sendiri merupakan sepasang suami istri dari daerah Jakarta. Pendiri tersebut adalah Velly Kristianti dan juga Gatut Cahyadi. Klenger Burger merupakan suatu makanan citarasa tradisional indonesia yang memiliki arti dalam sebuah nama “ bikin mabuk kepayang”. Pada awalnya Velly memulai bisnis Klenger Burger dengan beberapa pengalaman kegagalan sebelum usaha rumah makan khas Sunda pada awal tahun 2000. Velly dan suami membuktikan bahwa anak negeri juga mampu kreatif menciptakan penganan yang yang tidak kalah dari buatan luar negeri. mereka pun memutuskan untuk berfokus pada usaha burgernya yang menggambarkan sebagai western made eastern. Nama klenger sengaja digunakan untuk mencerminkan rasa burgernya yang sangat lokal. Meskipun burger yang dibuat masih terlihat sama seperti burger pada umumnya, Namun rasanya di sesuaikan dengan lidah Indonesia. Hal ini menjadi pilihan velly untuk memasarkan produk burger tersebut di tahun 2006 sedang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. dikarenakan makanan tersebut lebih ke barat-baratan, Lalu sang suami memberinya nama Klenger agar terdengar seperti nama ke Indonesiaan.

    Pada kala itu, burger tersebut diproduksi hanya untuk diberikan kepada keluarga atau teman. seiring lambat laun muncul respon positif dari teman atau kerabat Velly. Lalu, perkembangan pada bisnis ini Velly dan suami berbagi tugas untuk berperan sebagai mencakup urusan branding dan marketing yang nantinya akan dipasarkan ke berbagai platform media. Setelah itu, Velly dan suami membuka outlet pertama Klenger Burger di daerah Bekasi, Pekayon pada bulan Februari 2006. Pada usaha ini, Klenger Burger menawarkan burger siap disantap yang terbuat dari 100% daging Sapi asli yang sehat dan segar. serta bumbu pilihan dan sayuran. dalam ide tersebut Velly Kristianti dan sang suami Gatot Cahyadi menjadikan Klenger Burger sebagai “ The Real Grill Burger Ever”. Dalam hal ini, Tagline ini sangat relatif dan efektif untuk dijadikan promosi tentang memperkenalkan produknya untuk di pasarkan kepada anak muda masa kini. dengan pemilihan media poster ini juga dapat mempermudah akses diruang publik seperti media sosial atau media platform lainnya. Selain itu, produk ini dapat disajikan ke bebagai media visual lain yang bertujuan menciptakan respon positif yang cepat kepada konsumen. Oleh karena itu, dalam penelitian ini membahas dalam analisis Semiotika Visual pada poster Klenger Burger dengan menggunakan pendekatan Semiotik milik Ferdinand De Saussure. secara Semiotika analisis ini menggunakan tanda dan penanda pada poster iklan Klenger Burger.

        Semiotika adalah suatu ilmu petanda dalam sebuah kajian yang memilki ilmu studi tentang tanda-tanda dan proses tanda (Semiosis) dengan penunjukan atau kemiripan yang memiliki makna dan makna komunikasi pada setiap kehidupan manusia dengan membaca tanda-tanda tersebut. Dalam analisis Semiotika dikemukakan menjadi suatu upaya dalam tanda yang termasuk ke hal-hal yang tersembunyi. pada tanda tersebut dapat dikatakan pada sebuah tanda semiotik yang berupa teks atau gambaran. Seperti media iklan dan berita yang dijadikan suatu informasi  atau kemetaforaan komunikasi. Menurut pandangan Saussure, sebuah tanda mempunyai dua aspek yang ditangkap oleh indra kita yang di sebut signifier, bidang penanda atau bentuk dari aspek lainnya yang disebut signified, bidang penanda atau konsep dan makna. berdasarkan pemahaman diatas, bahwa pemahaman tentang petanda dalam menganalisis pada unsur desain atau ilustrasi pada poster perlu meningkatkan penciptaan strategi promosi agar perusahaan dapat dikenali oleh konsumen. Tulisan ini bertujuan agar media promosi seperti poster iklan dapat dipahami kedalam bentuk indra konsumen melalui signifier dalam menganalisis objek tersebut menggunakan teori pendekatan De Saussure.


Metode Penelitian


Dalam metode penelitian ini bertujuan untuk adanya penguraian kata yang berdasarkan tanda dan petanda dari hasil analisis semiotik dengan pendekatan De Saussure, dalam upaya metode kualitatif dan deskriptif. Metode deskriptif yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan dari semua aktivitas, objek , serta proses. dari metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati berupa analisis poster iklan dari salah satu produk makanan cepat saji Klenger Burger agar mengetahui arti dari makna gambar poster tersebut kedalam kalimat atau tulisan yang ada pada poster iklan ini. Analisis yang digunakan berupa kata-kata atau gambar ilustrasi dari poster yang diteliti. dalam poster tersebut berisi gambaran dan tulisan, serta penyajian berdasarkan dari data yang diperoleh pada pengamatan objek poster iklan Klenger Burger tersebut. Lalu, dari hasil data tersebut diteliti dijadikan suatu objek yang nantinya dideskripsikan kedalam pendekatan De Saussure secara ilmiah. Data yang diperoleh pada penelitian ini diperoleh dengan cara observasi/atau proses pengamatan pada poster iklan tersebut. Tahapan pada analisis ini berdasarkan Teori Ferdinand De Saussure, yaitu Semiologi. Objek pada penelitian ini adalah poster iklan Klenger Burger, Maka dari itu untuk menganalisis lebih dalam menggunakan teori milik De Saussure.


Pembahasan


Untuk mengkaji pada hasil penelitian ini dengan cara menggunakan teori Semiologi Ferdinand De Saussure, dengan melalui konsep signifier dan signified dan meggunakan teori Charles Sanders Pierce agar objek yang di teliti dapat dianalisis bedasarkan teori yang diteliti. Dalam poster iklan Klenger Burger terdapat pesan suara yang dapat disampaikan ke dalam tanda visual berbentuk konsep semiologi. Pesan yang dapat dilihat pada poster Klenger Burger yang ditemukan dalam indera visual dapat berupa tanda verbal pada konsep visual yang mengacu pada penggambaran kedalam aspek bahasa. Untuk mengungkapkan dari aspek tersebut perlu tanda visual agar pesan dan makna yang didapatkan dapat dipahami oleh khalayak. Tanda visual adalah kesatuan komponen elemen yang bertujuan untuk penggunaan pesan dalam suatu penyampaian sebagai sistem yang mengarah pada komunikasi visual. Komunikasi visual berupaya memberikan interpretasi pada suatu keilmuan Semiotik. Yaitu, sebagai pembacaan karya komunikasi visual. Tanda visual dapat digambarkan secara estetikanya dengan cara menggunakan pendekatan teori Charles Sanders Pierce, karena dengan menggunakan 3 tahapan aspek tanda, Ikonis, Indeksial, serta simbolis.


Tahapan tanda ikonis adalah tahapan awal untuk mendeskripsikan sebuah tanda yang menyerupai bentuk aslinya antara tanda penghubung dengan memilki kemiripan pada sebuah bentuk. Lalu, tahapan tanda indeksial adalah tahapan yang memilki tanda yang berkaitan dengan hal sebab akibat. Sendangkan tahapan tanda simbolis dapat dikaitkan dengan penanda sebagai acuan pada tanda yang disepakati.Tanda-tanda yang dilihat pada sebuah bentuk dapat diklasifikasikan antara penghubung satu dengan penghubung lainnya. Penelitian ini menetapkan pada metode yang dirumuskan dengan menggunakan teori semiotika dalam menganalisis data untuk mendapatkan suatu tanda-tanda pada penelitian yang ada pada poster Klenger Burger, dengan menggunakan teori pendekatan milik Ferdinand De Saussure agar terciptanya fungsi tanda untuk memvisualkan keberadaan desain pada poster iklan ini lebih mengacu pada analisis data pada metode kualitatif. Pada pembahasan kali ini, yang berdasarkan klasifikasi pada tanda bentuk penghubung dijadikan suatu analisis menggunakan teori milik Charles Sanders Pierce agar penghubung pada objek penelitian dapat di kaitkan dengan tahapan-tahapan yang terdiri dari Ikon, Indeks, Simbol dapat digunakan untuk mengetahui dibalik makna poster iklan Klenger Burger yang menggambarkan tokoh Gatot Kaca yang nantinya akan ditinjau lebih dalam ke tanda visual tersebut. Tanda visual tersebut dapat ditinjau melalui segi warna, jenis typeface, serta ilustrasi dari poster tersebut. Selain itu, tanda tersebut dapat di kaitkan kedalam keilmuan Semiotika untuk menciptakan sebuah tanda (sign) untuk mengetahui makna arti pada poster iklan Klenger Burger dalam ilustrasi tokoh Gatot Kaca agar makna dapat berfungsi untuk tanda visual yang lekat pada persepsi kehidupan di masyarakat. Dikarenakan tanda visual tersebut dapat mengacu pada indera masing-masing yang merupakan reprentasi dari culture budaya masyarakat. Berikut ini merupakan ilustrasi pada poster iklan Klenger Burger yang nantinya akan dihubungkan ke tanda visual milik Charles Sanders Pierce.


Konsep Poster




Tahapan Tanda Visual

Tahapan untuk mendeskripsikan hal-hal yang tampak pada desain poster iklan Klenger Burger bergaya Poster Niaga. Sementara itu, poster diatas dapat dideskripsikan terdapat makanan cepat saji ( fast food ) yang dijadikan titik fokus poster ini. Lalu ditambahkan aksen yang berlatar belakang bendera Indonesia yang mampu mengembalikan citra lokal pada produk tersebut. Namun, yang ditangkap oleh indera penglihatan konsumen adalah tokoh Gatot Kaca serta Tagline yang membuat konsumen akan cinta produk lokal pada cita rasa Klenger Burger tersebut. Selain itu, dapat dilihat dari tulisan tulisan yang memberikan semangat kepada masyarakat seperti, “ Kobarkan semangat Untuk Indonesia”. Pada desain dalam poster tersebut menarik audience agar produk lokal tidak kalah jauh dengan produk luar dalam citra rasa pada makanan Klenger Burger tersebut. Sehingga dapat digariskan kedalam arti kata “ Klenger ” yang mempegaruhi reaksi audience. Penggunaan konsep yang cukup minimalis dengan aksen logo serta tipografi yang sudah terbilang modern, karena menggambarkan produk lokal tersebut tidak lupa akan khas citra lokal dan menambahkan aksen animasi tokoh Gatot Kaca sehingga, banyak penikmat Burger dapat menikmati citra rasa pada produk lokal yang menggiurkan pada tampilan konsep yang memanjakan mata khalayak.



Hasil analisis bedasarkan konsep tanda visual

1.      1. Ikon


Ikon adalah awal tanda untuk mendeskripsikan tanda yang menyerupai bentuk aslinya. Pada poster iklan ini terdapat unsur desain keselarasan pada bentuk dan makna, pada pembentukan ikon ini memiliki ilustrasi pada gambar  Burger yang dijadikan satu titik fokus pada poster iklan tersebut.dalam ilustrasi penggambaran poster tersebut betapa banyaknya aksen pada ilustrasi poster iklan tersebut. Selain itu, pada bagian burgernya menjelaskan betapa lezatnya dalam citra rasa lokal yang tidak lupa pada latar belakang bendera Indonesia dan memberikan citra rasa yang tinggi, serta tidak lupa dengan tulisan “ Kobarkan Semangat Untuk Indonesia”.

 


2.     2.  Indeks

Indeks adalah tahapan yang memilki tanda yang berkaitan dengan hal sebab akibat yang mengacu dengan mengkaitkan secara impisit dan eksplisit. Pada warna poster iklan ini terdapat latar belakang warna Merah dan Putih. Selain itu, indeks pada ilustrasi pada poster klenger burger yang memilki daya tarik untuk melihat aksen pada bagian lainnya. Seperti pada pagian atas terdapat logo klenger burger dan ditambah tulisan “ Go For Best Indonesia Burger ”. selain itu pada bagian kanan terdapat animasi tokoh Gatot Kaca agar tidak terlihat kosong dan memberikan kesan yang menarik. Pada bagian bawah poster terdapat tagline yang bertulisan “ Kobarkan Semangat Untuk Indonesia ” agar terciptanya produk lokal yang akan diiklankan nantinya.

 

3.     3.  Simbol

Simbol adalah simbolis yang dapat dikaitkan dengan penanda sebagai acuan pada tanda yang disepakati. Simbol yang muncul pada poster iklan ini adalah terkait dengan tulisan “ Kobarkan Semangat Untuk Indonesia ”  merupakan sebuah bentuk penanda yang diberikan oleh desainer poster yang berkaitan dengan tujuan dari poster iklan tersebut. Dengan memiliki tujuan untuk menjadi daya tarik iklan agar menunjukan makna pada poster iklan ini dapat disampaikan kepada konsumen, selain itu pada penonjolan iklan ini merupakan dari segi citra rasa lokal yang ditunjukan untuk memperjelas aksen pada gambar burger tersebut melalui tulisan yang akan disampaikan. Sedangkan simbol yang lainnya adalah pada gambar tokoh Gatot Kaca untuk memberi kesan yang menarik dalam memperlihatkan animasi yang akan ditunjukan kepada khalayak. Sedangkan pada bagian hal yang menarik lainnya adalah pada bagian latar belakang poster tersebut. Dikarenakan memberikan produk tersebut dapat dipahami dalam bentuk aksen bendera Merah Putih.

 

4.     4.  Ilustrasi

Ilustrasi merupakan suatu gambaran representasi visual sebagai media berbentuk naskah atau cerita yang nantinya akan tersampaikan kedalam sebuah gambar. Visual yang terdapat pada poster iklan klenger burger tersebut adalah terdapat gambaran yang mengarah pada satu target promosi seperti pada tulisan dan latar belakang suasana berbentuk seperti, makanan burger yang mengembalikan citra rasa lokal yang terdapat dibagian kiri bawah yang dijadikan ikon pada poster iklan tersebut. Lalu ditambah dengan tokoh animasi Gatot Kaca yang membuat kesan menarik agar terciptanya suatu gambaran makanan yang terlihat enak dan mudah dilihat dari citra lokal tersebut.


Kesimpulan

 

Hasil penelitian ini dapat dijelaskan berdasarkan hasil analisis pada poster iklan Klenger Burger. Poster pada mulanya semacam surat edaran yang ditulis diatas board kayu dan tembok. Seiring berjalannya dengan waktu, kini poster sudah banyak perkembangan. Pada zaman dahulu poster digunakan untuk alat propaganda. Poster dibuat dengan ukuran besar di kertas, dengan tujuan agar khalayak dapat melihat dengan jelas. Kini media poster tidak hanya dengan menggunakan kayu atau tembok melainkan dibuat kedalam media visual berupa digital. Hasil analisis pada poster iklan klenger burger dapat dilihat pada proses tanda-tanda atau konsep visual pada poster iklan klenger burger ini. Pesan yang dapat disimpulkan berupa suatu karya desain komunikasi visual yang dapat di tarik dalam disosialisasikan kepada khalayak melalui teori milik Charles Sanders Pierce yang dilihat dari aspek berupa konsep visual dan akan dilihat dari penggambarannya secara ikonis, indeksial, serta simbolis dalam memancarkan konsep estetikanya Tanda-tanda yang dilihat pada sebuah bentuk dapat diklasifikasikan antara penghubung satu dengan penghubung lainnya. Penelitian ini menetapkan pada metode yang dirumuskan dengan menggunakan teori semiotika dalam menganalisis data untuk mendapatkan suatu tanda-tanda pada penelitian yang ada pada poster Klenger Burger, dengan menggunakan teori pendekatan milik Ferdinand De Saussure agar terciptanya fungsi tanda untuk memvisualkan keberadaan desain pada poster iklan klenger burger yang lebih mengacu pada analisis data secara konotatif dan implisit.

Tanda-tanda yang dilihat dan dibaca dengan cara menggunakan teori Semiologi Ferdinand De Saussure, dengan melalui konsep signifier dan signified dan meggunakan teori Charles Sanders Pierce agar objek yang di teliti dapat dianalisis bedasarkan teori yang diteliti. Dalam poster iklan Klenger Burger terdapat pesan suara yang dapat disampaikan ke dalam tanda visual berbentuk konsep semiologi. Pesan yang dapat dilihat pada poster Klenger Burger yang ditemukan dalam indera visual dapat berupa tanda verbal pada konsep visual yang mengacu pada penggambaran kedalam aspek bahasa. Untuk mengungkapkan dari aspek tersebut perlu tanda visual agar pesan dan makna yang didapatkan dapat dipahami oleh khalayak. Poster iklan ini dapat dideskripsikan kedalam bentuk yang terdapat pada gambaran makanan cepat saji ( fast food ) yang dijadikan titik fokus poster ini. Lalu ditambahkan aksen yang berlatar belakang bendera Indonesia yang mampu mengembalikan citra lokal pada produk tersebut. Namun, yang ditangkap oleh indera penglihatan konsumen adalah tokoh Gatot Kaca serta Typografi yang membuat konsumen akan cinta produk lokal pada cita rasa Klenger Burger tersebut. 

Ikon adalah awal tanda untuk mendeskripsikan tanda yang menyerupai bentuk aslinya. Pada poster iklan ini terdapat unsur desain keselarasan pada bentuk dan makna, pada pembentukan ikon ini memiliki ilustrasi pada gambar  Burger yang dijadikan satu titik fokus pada poster iklan tersebut.dalam ilustrasi penggambaran poster tersebut betapa banyaknya aksen pada ilustrasi poster iklan tersebut. Selain itu, pada bagian burgernya menjelaskan betapa lezatnya dalam citra rasa lokal yang tidak lupa pada latar belakang bendera Indonesia dan memberikan citra rasa yang tinggi, serta tidak lupa dengan tulisan “ Kobarkan Semangat Untuk Indonesia”. Indeks adalah tahapan yang memilki tanda yang berkaitan dengan hal sebab akibat yang mengacu dengan mengkaitkan secara impisit dan eksplisit. Pada warna poster iklan ini terdapat latar belakang warna Merah dan Putih. Selain itu, indeks pada ilustrasi pada poster klenger burger yang memilki daya tarik untuk melihat aksen pada bagian lainnya. Seperti pada pagian atas terdapat logo klenger burger dan ditambah tulisan “ Go For Best Indonesia Burger ”. selain itu pada bagian kanan terdapat animasi tokoh Gatot Kaca agar tidak terlihat kosong dan memberikan kesan yang menarik. Pada bagian bawah poster terdapat tagline yang bertulisan “ Kobarkan Semangat Untuk Indonesia ” agar terciptanya produk lokal yang akan diiklankan nantinya. Simbol adalah simbolis yang dapat dikaitkan dengan penanda sebagai acuan pada tanda yang disepakati. Simbol yang muncul pada poster iklan ini adalah terkait dengan tulisan “ Kobarkan Semangat Untuk Indonesia ”  merupakan sebuah bentuk penanda yang diberikan oleh desainer poster yang berkaitan dengan tujuan dari poster iklan tersebut. Dengan memiliki tujuan untuk menjadi daya tarik iklan agar menunjukan makna pada poster iklan ini dapat disampaikan kepada konsumen, selain itu pada penonjolan iklan ini merupakan dari segi citra rasa lokal yang ditunjukan untuk memperjelas aksen pada gambar burger tersebut melalui tulisan yang akan disampaikan. Sedangkan simbol yang lainnya adalah pada gambar tokoh Gatot Kaca untuk memberi kesan yang menarik dalam memperlihatkan animasi yang akan ditunjukan kepada khalayak. Sedangkan pada bagian hal yang menarik lainnya adalah pada bagian latar belakang poster tersebut. Dikarenakan memberikan produk tersebut dapat dipahami dalam bentuk aksen bendera Merah Putih.


Daftar Pustaka

https://akurat.co/peluang-bisnis-franchise-klenger-burger-ini-besaran-modal-awal-dan-cara-pendaftarannya

https://biografi-pengusaha.blogspot.com/2018/07/kisah-pengusaha-klenger.html?m=1

https://adoc.pub/queue/bab-3-mengenal-klenger-burger.html




 

 

Komentar

Postingan Populer