Penelitian Influencer dengan Menggunakan Teori Semiotika



Nama Kelompok: Pengkaji Ghaib

Penulis                : Ronald Alfi Fario

Objek Penelitian : Ewing HD

Penelitian Tentang Konsep Visual dengan Menggunakan Teori Semiotika




Apa itu Visual Branding?

Visual Branding merupakan suatu bidang grafis yang dibuat untuk mengidentifikasikan dari brand atau produk agar mudah membedakan suatu citra pada brand. Supaya dapat menghasilkan sebuah citra pada visual brand yang mudah diingat dan membuat konsumen lebih mudah mengingat pada produk brand. Kemudian brand tersebut dapat dipasarkan agar masyarakat tidak ragu untuk membeli produk tersebut dan dapat tertanam di benak konsumen. Visual brand dapat diartikan mempunyai peran penting untuk meliputi brand yang kemudian dijadikan visual brand. Contoh visual branding pada channel Youtube milik Ewing HD yang sangat memudahkan bagi yang ingin menonton atau melihat postingan hal-hal yang berbau horror pada konten horror yang dibuat di akun youtube dan juga di social media miliknya.

Apakah ada Keterkaitan antara objek dengan teori Semiotika?

Menurut saya jika kita menggunakan teori pendekatan milik Ferdinand De Saussure dapat dikaitkan sebagai contoh penanda dan petanda. Seperti, pada konten milik Ewing HD jika dikaitkan pada teori pendekatan milik De Saussure, Penandanya adalah mengajak penonton untuk membahas tentang kejadian-kejadian pada segmen milik Ewing HD. Petandanya Ewing HD membuat konten sesuai permintaan penonton yang merupakan konten horror #MalamJumat agar penonton tidak kecewa.

Pentingnya mempelajari teori Semiotika untuk konten Youtube!

Pentingnya mempelajari teori Semiotika pada bidang desain merupakan suatu bagian hal terpenting untuk memberi kesan menarik pada penyampaian kedalam bahasa visual yang dapat diinteprestasikan pada sebuah teori Semiotika melalui media dan  konten agar penyampaian pesan pada penonton lebih mudah dipahami dalam penggunaan teori milik Ferdinand De Saussure dengan metode kualitatif. Contoh dalam membuat konten yang menarik yang dapat dikaitkan pada teori semiotika dan juga dapat mendesain visual pada konten Youtube horror, agar penonton juga dapat merasakan suasana dari penyampaian atau pembawaan ke dalam bahasa visual pada konten Youtube kita. Jika kita kaitkan kedalam teori pendekatan milik De Saussure, kita akan tau bagaimana respon penonton dalam penyampaian pada konten horror kita, Kemudian kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan konten yang kita buat. contoh penonton memberi tanggapan dan mengeluh pada opening pembukaan konten horror milik kita, sebagai penanda kurangnya berekspresi dalam pembawaan dalam suasana mengerikan, dalam arti kita yang terlalu ceria dalam pembukaan opening konten tersebut. sebagai petanda kita harus mengganti opening pada konten Youtube kita tersebut dengan menyesuaikan tema konten horror. 


1.1 Latar Belakang 


Seiring dari berkembangnya era teknologi memberikan cara mempermudah untuk memasarkan guna dalam mempelajari perilaku konsumen, produk dan, brand yang nantinya dapat disesuaikan dari kebutuhan konsumen. Perkembangan teknologi pada era digital dapat memudahkan informasi dalam kehidupan sehari-hari. contoh pada media sosial yang mudah mendapatkan pemberitaan hanya dengan memposting dari situs atau website. dengan adanya media sosial kini memudahkan masyarakat untuk berinteraksi kepada lawan bicara. media sosial adalah tempat untuk membuka sebuah ide, dari trend baru hingga era digital sampai marketing. agar masyarakat mendapatkan informasi dari berbagai media atau platform seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Karena masyarakat lebih memilih untuk mengikuti trend dari Influencer maupun Konten creator.

Bagi masyarakat influencer dapat membantu untuk memasarkan brand atau produk dengan hanya menggunakan platform media seperti Instagram dan Youtube. Dengan memasarkannya mereka hanya menggunakan foto atau video yang nantinya diposting untuk pengguna media sosial. Menurut saya, menjadi influencer bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, karena tidak hanya bermodalkan followers atau pengikut media sosial. melainkan, dapat memberikan pesan dan kesan yang menarik untuk meningkatkan daya tarik pada konsumen. 

Hujwiriawan Ewing atau yang dikenal dengan channel Youtubenya Ewing HD merupakan seorang Influencer atau pembawa konten horror yang memvisualkan kedalam storyteller. ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 11 Juni 1992, Pada tahun 2011 ia menjadi Youtuber dengan membawa cerita horror, game horror, dan trivia show. pada konten yang ia miliki pada tahun 2019, Ewing berencana membuat satu segmen horror dengan nama #MalamJumat lalu ia mengangkat segmen tersebut kedalam film pertamanya yang ia produksi. Berdasarkan latar belakang pada konten Youtube Ewing HD, penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika milik Ferdinand De Saussure. Dalam metode pengumpulan data tersebut menggunakan penelitian dengan cara membaca sumber literatur dan studi pustaka. Di penelitian ini perlu adanya hasil pengumpulan data untuk pengamatan tentang konsep visual pada pendekatan semiotika.

Komentar

Postingan Populer