Pengalaman yang menarik dari seni dan desain

Assalamualaikum, perkrnalkan saya Ronald Alfi Fario, saya sendiri sangat menyukai hal-hal mengenai seni. menurut saya seni itu luas, tidak hanya dari musik, gambar dan puisi. melaikan pengungkapan dari segi proses imajinasi dan kontemplasi. saya sendiri sangat menyukai seni pop art dan kontemporer. menurut saya pembelajaran tentang seni dan estetika seni dapat dipahami bahwa estetika merupakan suatu hasil pendayaan imajinasi dan kontemplasi seseorang yang tidak terbatas ruang dan waktu sehingga mampu menciptakan suatu karya seni yang indah. alasan saya memilih prodi DKV karena untuk mempelajari tentang seni/art yang ditinjau dari hakikat pada estetika seni. saya sendiri sangat mengapresiasikan karena ilmu pada pembelajaran prodi DKV ini sangat luas dan dapat memacu pada potensi diri saya sendiri. saya sendiri beragumen bahwa, di prodi DKV ini kita bermain pada imajinasi ke dalam suatu proses daya otak yang menangkap reaksi dari apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan yang dimaksud kedalam dari seni itu sendiri. menurut saya, kita dapat menyimpan begitu banyak memori setiap harinya. Sampai pada akhirnya memori itu mulai tersusun membentuk suatu pola (katakanlah seperti itu) yang kemudian merangsang otak untuk merencanakan sesuatu. Dari sanalah proses kerja kolektif otak dan tubuh kita bersinergi membuat sebuah karya. menurut saya, Imajinasi dapat membuat semuanya untuk bisa diwujudkan. saya sendiri orangnya sangat konsistent dalam mempelajari sesuatu hal yang berbeda. mulai dari desain logo dan desain baju. menurut saya, dari pembelajaran arti seni dan desain ini sangat sulit. akan tetapi meski jika skill pada diri kita tidak diasa maka tidak akan mempertajam skill kreatifitas pada diri kita sendiri. Menurut Flemming (dalam The Liang Gie, 1976:60), seni berarti bentuk kemampuan atau skill yang berasal dari bahasa latin art. Sejalan dengan itu, Sudarmaji (1979:5) menyebutkan bahwa seni dalam bahasa asing disebut art. Bagi saya, proses pembelajaran seni mengupayakan terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif bagi kegiatan belajar yang menyangkut ekspresi artistik dan menciptakan lingkungan yang dapat membantu perkembangan anak untuk menemukan sesuatu melalui eksplorasi dan eksperimentasi dalam belajar.


Komentar

Postingan Populer